PEMBUATAN LAPORAN
salam sejahtera dan bahagia untuk kita semua
untuk kali ini kita akan membahas tentang word processor ( pengolah kata ) dan yang kita bahas lebih spesifik ke pembuatan laporan. tapi sebelumnya kita bahas dulu apa itu laporan.
laporan adalah suatu bentuk penyampaian berita, keterangan, pemberitahuan ataupun pertangung jawaban baik secara lisan maupun tertulis. sementara pengertian dokumentasi adalah proses pengumpulan, pengolahan, pemilihan dan juga penyimpanan informasi dalam bidang pengetahuan yang memberikan atau mengumpulkan bukti terkait dengan keterangan seperti halnya kutipan, gambar, sobekan koran dan bahan referensi lainnya.
fungsi laporan adalah memberikan suatu keterangan atau fakta yang terjadi berupa sebuah informasi yang di dapat dalam menjalankan tugas yang telah di alami pelapor pada saat melakukan pekerjaan atau kegiatan.
tujuan laporan adalah untuk mengidentifikasi sebuah masalah yang akan di selesaikan dalam bentuk fakta dan nyata yang terjadi sehingga bila ada suatu masalah dapat mempunyai kesimpulan jalan keluar dalam suatu masalah atau peristiwa.
berikut adalah struktur dalam pembuatan laporan
1. cover
cover merupakan halaman yang terletak di bagian paling awal sebuah laporan memuat judul, identitas dan keterangan dari penulis.
2. kata pengantar
kata pengantar merupakan bagian yang penting dan tidak boleh di lewatkan dalam membuat laporan , halaman ini berfungsi untuk mengntarkan pembaca agar dapat memahami laporan yang telah dibuat
3. daftar isi
daftar isi merupakan bagian yang di dalamnya memuat pemetaan halaman untuk setipa bagian laporan
4. pendahuluan
pendahuluan merupakan bagian awal dari laporan yang berisi beberapa sub bab seperti latar belakang dan tujuan kegiatan
5. pembahasan
pembahasan atau disebut isi dalam sebuah laporan merupakan bagian inti dari sebuah laporan , merupakan bagian inti ndari laporan yang dibuat, pada bagian ini sebisa mungkin menjelaskan secara detail dan mencakup unsur dengan menggunakan rumus 5W + 1 H
6. penutup
penutup biasanya berisi kesimpulan dan akhir dari kegiatan dan laporan yang telah di buat
7. lampiran
lampiran merupakan dokumen tambahan yang di tambhakan ke dokumen utama, lampiran surat dapat berupa teks maupun gambar, seperti dokumen pendukung seperti foto atau yang lainnya
Comments
Post a Comment